Senin, 07 November 2016

Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini



Manfaat Media Pembelajaran Untuk Anak usia Dini
Image result for media pembelajaran paud 
PENDAHULUAN
perkembangan anak usia dini sangatlah pesat, karena pada masa-masa inilah segala potensi kemampuan anak dapat dikembangkan secara optimal, tentunya dengan bantuan dari orang-orang yang ada dilingkungan anak tersebut, misalnya orang tua dan guru. penggunaan media merupakan salah satu bantuan yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran  anak usia dini. karena media memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas informasi/pesan, yang dalam hal ini guru adalah pengirim pesan dan anak usia dini sebagai penerima pesan. Dengan adanya media pembelajaran, mempermudah para pendidik dalam malaksanakan tugas mereka dalam membantu proses belajar anak didik mereka.
KERANGKA TEORI
Media pembelajaran merupakan gabungan dari dua suku kata “media” dan “pembelajaran”. Istilah “media” berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak  “medium”  yang secara harfiah berarti  perantara atau pengantar.  Dari pengertian ini dapat dijelaskan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi . maka media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, sebuah alat yang berfungsi untuk  menyampaikan pesan pembelajaran yang meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa).
Menurut Gagne , media pembelajaran adalah komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar.  Media pembelajaran menurut Briggs adalah wahana fisik yang mengandung materi instruksional. Media pembelajaran menurut scharmm adalah teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional. Media pembelajaran menurut Y. Miarso adalah segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa.
Dari definisi-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong tejadinya proses belajar pada diri siswa. (Hj. Nurseha Ghazali, 2009)

METODE PENELITIAN
Peran media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini semakin penting artinya mengingat perkembangan anak pada usia dini saat itu berada pada masa berfikir konkrit. Oleh karena itu salah satu prinsip pendidikan untuk anak usia dini harus berdasarkan realita artinya bahwa anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata. Dengan demikian dalam pendidikan untuk anak usia dini harus menggunakan sesuatu yang memungkinkan anak dapat belajar secara konkrit. Maka dari itu perlu bagi kita untuk menggunakan media sebagai saluran penyampaiam pesan-pesan pendidikan untuk usia dini. Karena pada saat guru menyajikan informasi kepada anak usia dini menggunakan media, informasi tersebut dapat diterima atau diserap anak dengan baik dan pada akhirnya akan terjadi perubahan-perubahan perilaku berupa kemampuan-kemampuan dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilannya..
 
PEMBAHASAN

Image result for media pembelajaran paud
 
Sebelum kita membahas mengenai apa manfaat media pembelajaran untuk PAUD, terlebih dahulu kita mengenal apa itu media pebelajaran? Dan apa kaitannya dengan pendidikan anak usia dini?. Kata media berasal dari bahasa latin medius, dan merupakan bentuk jamak dari  kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pembawa pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Menurut Gerlach dan Ely (1971), media adalah bila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan keterampilan, atau sikap.  Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Berbagai penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan media dalam pembelajaran sampai pada kesimpulan, bahwa proses dan hasil belajar pada siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pembelajaran tanpa media cengan pembelajaran menggunakan media. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaraan sangat dianjurkan untuk menunggu kualitas pembelajaran. (Prof. Dr. Azhar Arsyad, 1997)
Jika dikaitkan dengan pendidikan anak usia dini, maka media pembelajaran berarti segala sesuatu  yang dapat dijadikan bahan (soft ware) dan  alat (hardware) untuk bermain yang membuat AUD mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan menentukan sikap. Dan, media yang biasa digunakan dalam PAUD adalah alat permainan edukatif (APE), APE terbagi menjadi dua yaitu: (1) APE luar. Alat permainan edukatif yang disediakan diluar ruangan (halaman/taman) : (2) APE dalam alat permainan edukatif yang disediakan untuk anak bermain didalam ruangan.
Definisi Media Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) --Media Pembelajaran PAUD adalah semua hal yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan dari pengirim ke penerima untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat, serta perhatian anak sehingga proses belajar terjadi. Pesan berupa isi ajaran dan didikan yang ada di kurikulum dituangkan oleh Pendidik PAUD atau sumber lain kedalam media dalam bentuk-bentuk simbol komunikasi baik simbol verbal (kata-kata lisan atau tertulis) maupun simbol non verbal atau visual. Selanjutnya penerima pesan (bisa siswa atau Pendidik) menafsirkan simbol-simbol komunikasi tersebut sehingga diperoleh pesan.
Image result for media pembelajaran paud            
Definisi pembelajaran adalah merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telahditetapkan.Peran media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini semakin penting mengingat perkembangan anakpada saat itu berada pada masa berfikir konkrit. Dengan adanya media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Berbagai penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan media dalam pembelajaran sampai pada kesimpulan, bahwa proses dan hasil belajar pada siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pembelajaran tanpa media dengan pembelajaran menggunakan media. Penggunaan media pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pembelajaran.

            Dengan demikian dalam pendidikan untuk anak usia dini harus menggunakan sesuatu yang memungkinkan anak dapat belajar secara konkrit. Prinsip tersebut mengisyaratkan perlunya digunakan media sebagai saluran penyampai pesan-pesan pendidikan untuk anak usia dini. Seorang Pendidik PAUD pada saat menyajikan informasi kepada anak usia dini harus menggunakan media agar informasi tersebut dapat diterima atau diserap anak dengan baik dan pada akhirnya diharapkan terjadi perubahan-perubahan perilaku berupa kemampuan-kemampuan dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilannya.

  

 Jenis-jenis media pembelajaran PAUD 
Image result for jenis media pembelajaran paud
jenis media yang lazim dipakai di Indonesia dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya:
v  media visual/media grafis adalah media yang hanya dapat dilihat. Artinya semua alat peraga yang bisa dinikmati lewat panca indra mata. Seperti foto, sketsa, gambar, atau lukisan. Media visual (image/perumpamaan) memegan peran yang sangat penting dalam proses belajar. jenis media visual ini tampaknya yang paling sering  digunakan oleh guru pada lembaga pendidikan anak usia dini ini untuk membantu menyampaikan  isi dari tema pendidikan yang sedang dipelajari.
v  Media audio media audio berkaitan dengan indra pendengaran. Pesan akan disampaikan dituangkan kedalam lambang-lambang auditif, baik verbal (lisan), maupun nonverbal. Ada beberapa jenis media yang dapat dikelompokkan dalam media audio yaitu : radio, alat perekam pita magnetik, piringan hitam, dan laboratorium bahasa. 

v  Media proyeksi diam (audio visual) media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik. (Mukhtar Latif, 2013)


Manfaat media pembelajan untuk PAUD
Image result for Manfaat media pembelajaran paud
 Dalam hal ini banyak manfaat yang dapat kita peroleh denagn memanfaatkan media pembelajaran, yaitu:
ü  Pesan atau informasi pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih jelas, menarik, konkret dan tidak hanya dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka (verbalistis).
ü  Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra.
ü  Meningkatkan sikap aktif siswa dalam belajar.
ü  Menimbulkan kegairahan dan motovasi dalam belajar.
ü  Memungkin interaksi yang lebih lansung antara siswa dengan lingkungan dengan kenyataan.
ü  Memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
ü  Memberikana perangasang, pengalaman, dan persepsi yang sama bagi siswa.
Sementara itu kemp dan dayton (1985) mengemukakan beberapa manfaat media yaitu:
ü  Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
ü  Pembelajaran dapat lebih menarik
ü  Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
ü  Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
ü  Kualitas pembelajaran dapat ditimgkatkan
ü  Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
ü  Sikap positif siswa terhadap materi pelajaran serta proses pembelajaran dapatditingkatkan
ü  Peranan guru ke arah yang positif. (Mukhtar Latif Z. R., 2013)
 
 
REFERENSI
 Muhtar Latif, Zukhairina Rita Zubaidah, Muhammad Afandi, ORIENTASI BARU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,  Jakarta : Kencana Prenadamedia Media Group, 2013
 Hj. Nurseha Ghazali, Dra, M.si, dkk. Manajemen Pembelajaran, Makassar: Membumi Publishing, 2009
Sanjaya, Wina. Perencanaan & Desain sistem pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2013
Anitah, Sri. Media pembelajaran. Surakarta: Lpp Uns & Uns Press, 2009
Prof. Dr. Azhar Arsyad, M. A, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997












Tidak ada komentar:

Posting Komentar